Friday, January 8, 2010

Gelombang di Perairan Selatan Bali Capai 2,5 Meter

Dari analisa angin (streamline) selama 24 jam terakhir, Balai Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BKMG) mencermati adanya daerah belokan angin dari Sumatera bagian utara, Kalimantan Barat, Sulawesi Utara, perairan Halmahera hingga Papua. Untuk daerah Bali dan Nusa Tenggara, terjadi daerah belokan angin yang diakibatkan pembentukan daerah tekanan rendah di sekitar benua Australia, hal ini dapat menyebabkan pembentukan awan-awan hujan yang berpeluang memberikan hujan dengan intensitas ringan - sedang terkadang lebat.

Pola angin rata - rata di wilayah Bali dan Nusa Tenggara 05 - 28 km/jam. Tinggi gelombang laut di perairan utara Bali adalah 0,5 – 1,5 meter; perairan selatan Bali adalah 0,75 - 2,5 meter; Selat Bali adalah 0,75 - 2,0 meter; dan Selat Lombok adalah 0,5 – 2,0 meter.

Berdasarkan kondisi di atas, hingga hari Minggu (10/1), BKMD tetap mengimbau masyarakat untuk mewaspadai terjadinya hujan dengan intensitas sedang disertai badai petir dan angin kencang secara tiba-tiba yang bersifat lokal terutama di wilayah Bali bagian tengah dan selatan. Namun, menurut perkiraan, hujan berpetir tersebut hanya akan berlangsung dalam waktu yang tidak terlalu lama.

No comments:

Post a Comment